Tutorial E-Spt PPH Masa 23/26


Pada Postingan kali ini saya akan menjelaskan tutorial aplikasi e-spt pph 23/26 mulai dari installasi sampai cara penggunaan aplikasi secara lengkap,

Tanpa panjang lebar, rekan-rekan bisa langsung mencobanya sesuai cara berikut ini:

A.Cara Install

1.    Buka File Installer yang sudah di-Download
2.    Buka Folder : eSPT PPh 23-26 (PER 53/PJ/2009) (30112009) Installer
3.   Double klik Setup.exe
4.   Setelah muncul Welcome to the Install ShieldWizard for Espt PPh Masa Pasal 23 pilih NEXT
5.   Nanti  akan muncul Install Shield Wizard ,
      Install this application for :
      ● anyone who uses this computer (all user)
6.   Muncul lagi muncul Install Shield Wizard lagi pilih NEXT (2 X)
7.   Muncul lagi muncul Install Shield Wizard lagi pilih INSTAL (2X)
8.   Lalu muncul Installing Espt PPh Masa Pasal 15, klik FINISH
9.  Setelah muncul dialog box seperti itu menanandakan bahwa eSPT  PPH Masa 23 telah sukses terinstall, klik OK.


B.Tata Cara Penggunaan PPH PASAL 23

1.    Untuk membuka aplikasi e-SPT PPh Masa , klik StartàAll ProgramsàeSPT PPh Masa àeSPT PPh Masa 23-26 V1.0 àeSPT PPh Masa Pasal 23-26 Double klik.
2.    Kemudian aplikasi e-SPT PPh Masa terbuka, Muncul Connect To Database.
3.    Pilih DBPPH23
4.    Login terlebih dahulu ke aplikasi dengan klik ProgramsàLogin. Secara default username “Administrator” password “123”.
5.    Setelah login, semua menu akan aktif. Untuk membuka PPh pasal 23-26, klik Setting SPTàSetting SPT. Kemudian akan muncul form pembuatan SPT, centang ”Buat SPT baru” bila SPT belum pernah dibentuk. Bila sudah pernah dibentuk silakan centang ”Buka SPT yang ada”. Berikutnya, pilih masa pajak yang akan dibuat.
6.    Klik SPT PPh Silahkan tentukan ada pilihan :
-                 Bukti Potong 23
-                 Bukti Potong 26
-                 Daftar Bukti Potong PPh 23 Dan atau 26
-                       Daftar Surat Setoran Pajak ( SSP ) / Bukti Pemindah Bukuan(PBK)
-                 Surat Pemberitahuan Pajak (SPT) Masa PPh Pasal 23 Dan Atau  26.
7.    Input Bukti Potong PPh 23 / 26
-                Bukti Potong 23 / 26
   Masukkin Nomor Bukti / Tanggal Pemotongan / NPWP / Nama / Alamat/Jenis Penghasilan (Uraian) / Jumlah Penghasilan Bruto / Tarif dan PPh yang dipotong  otomatis akan terisi sendiri. Simpan
-                Untuk mengecek input data benar / tidak, silahkan di cek di Daftar Bukti Potong PPh 23 / 26
8.    Setelah semua bukti potong selesai diinputkan, silakan klik Surat Pemberitahuan (SPT) Masa PPh Pasal 23 dan atau 26. Tampil form SPT induk PPh pasal 23. Review data yang ada dalam SPT induk tersebut untuk memastikan kebenaran datanya Pastikan untuk mengisi tanggal setor dan tanggal SPT, Centang ”Surat Kuasa khusus” di poin Lampiran bila penandatangan SPT merupakan kuasa bukan PKP.
Input data SSP dan membuat file Selesai (untuk lebih detail bisa dilihat di manual dan ebook yang disertakan di aplikasi) Selanjutnya inputkan tanggal pelaporan SPT dan klik Simpan.
Untuk me-review/memeriksa SPT Masa yang telah dibuat silakan klik cetak atau masuk ke SPT TOOLSàMenu Cetakan. Pilih Jenis dan Masa Pajak yang akan di cetak.
9.        Untuk memasukkan detail SSP PPh yang terutang, klik Daftar Surat Setoran Pajak (SSP)/ Bukti Pemindahbukuan (PBK)àDaftar Surat Setoran Pajak (SSP)
10.     Tampil kemudian form daftar SSP. Terdapat 2 daftar atas dan bawah. Daftar di bagian atas berwarna kuning adalah SSP yang harus dibayar menurut data-data yang telah dimasukkan ke eSPT. Sedangkan daftar dibawahnya berisi data SSP yang telah terbayar. Untuk memasukkan data SSP, klik tombol Baru. Form isian SSP baru akan tampil. Isikan data-data SSP (NTPP atau NTPN adalah nomor 16 digit yang tercetak di lembar SSP yang disahkan oleh bank). Setelah terisi lengkap, klik Simpan.
11.     Bila Pengisian sudah selesai, buat file lapor yang berisi SPT Masa. Klik Utilitià Lapor Data SPT ke Kantor Pelayanan Pajak. Kemudian pilih jenis dan masa pajak, selanjutnya pilih lokasi penyimpanan dengan klik tombol ”Lapor Data SPT ke Kantor Pelayanan Pajak”
12.     Selesai (untuk lebih detail bisa dilihat di manual dan ebook yang disertakan di aplikasi)


NB:Jika rekan-rekan ada pertanyaan mengenai aplikasi E-Spt pph 23, rekan-rekan bisa meninggalkan pertanyaan pada kolom komentar.



Komentar