Cari Lokasi File Database DB e-SPT ODBC

Sering kali kita setelah menginstall Aplikasi e-SPT untuk pertama kali kita lupa atau tidak men-Setting ODBC pada sistem tetapi kita langsung menggunakan aplikasi tersebut hal ini sebenarnya tidak mempengaruhi kinerja e-SPT tetapi lebih baik sebelum kita menggunakan Database e-SPT kita menyimpannya pada penyimpanan lokal selain C: atau lokal sistem windows, karena jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti PC terkena virus atau PC terinstall ulang otomatis semua file dalam lokal C:/ lokal sistem windows akan terhapus dan ter-Replace dengan data windows terbaru. keuntungan lain dengan men-Setting database odbc pada lokal penyimpanan lain agar database dapat gampang kita temukan jika suatu saat kita butuhkan untuk dibawa ke KPP atau ganti PC, Bagaiman jika kita sudah terlanjur dan kita sudah menggunakan e-SPT tanpa men-Setting database odbc dan database yang kita cari tidak ada pada folder database di lokal C:?, Jangan khawatir cukup ikuti langkah-langkah berikut dijamin database kamu pasti ditemukan, berikut langkah - langkahnya:

1.Aktifkan setting UNHIDDEN folder
Caranya cukup klik tombol start dan kettik "hidden" tanpa tanda petik dan akan muncul seperti pada gambar berikut:
setelah tampil seperti gambar , pilih "Show hidden files and folders", untuk catatan aplikasi ini dapat diakses melalui menu Control panel, setelah itu pilih "Show hidden files, folders, and drives" klik Apply dan Ok, seperti gambar berikut:

2. Cari dan Buka Folder Virtual Store
Langkah selanjutnya adalah dengan mencari Folder VirtualStore, karena file DB yang kita cari tersimpan pada folder tersebut, mudahnya ikuti alamat berikut:
C:\Users\Users_Name\AppData\Local\VirtualStore\Program Files (x86)\DJP
Users_Name adalah nama akun PC yg kita gunakan untuk menginstall aplikasi e-SPT.

3. Pilih Folder e-SPT yang Diinginkan
Setelah kita temukan folder DJP pada VirtualStore, selanjutnya kita tinggal pilih database PPh apa yang kita butuhkan, seperti gambar berikut:

Jadi sebenarnya database odbc yang kita install tersembunyi pada folder VirtualStore yang terdapat pada folder Users yang mana harus kita Unhidden terlebih dahulu agar dapat kita temukan.

Jika langkah diatas cukup membingungkan terdapat 1 cara singkat yang dapat kita lakukan yaitu:
1. Buka folder Program Files tempat kita menginstall aplikasi e-SPT
2. Buka file DJP dan klik tombol Compatibility Files ,seperti pada gambar berikut;
Sangat mudah bukan?, silahkan anda pilih cara mana yg lebih enak dilakukan,

Jika informasi ini bermanfaat harap untuk bagikan kepada rekan anda,
Sekian Postingan ini, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan di kolom komentar.



Komentar

  1. terima kasih ilmu yang diberikan...
    saya mencoba dan sudah masuk hingga virtual store... tetapi tidak ada folder 1770.. yang ada hanya 1771 .. cara cari yang 1770 tida ketemu.... apakah ada solusi / folder lainnya ...

    BalasHapus

Posting Komentar

Dilarang berkomentar SARA, Berkomentarlah untuk menjalin komunikasi